Nama : Indria Pretty Putri
NPM : 1111020050
Jurusan : PBA
Mata Kuliah : Teknologi Pendidikan
Dosen Pembimbing : Umi Hijriyah, M.Pd
Kawasan
Pengembangan
Pengembangan
adalah proses penterjemahan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik, di
dalamnya meliputi :
1. Teknologi cetak
2. Teknologi Audio-Visual
3. Teknologi Berbasis Komputer
4. Teknologi terpadu
Di dalam
kawasan pengembangan terdapat keterkaitan yang kompleks antara teknologi dan
teori yang mendorong terhadap desain pesan maupun strategi pembelajarannya.
Pada dasarnya kawasan pengembangan terjadi karena:
a. Pesan yang didorong oleh isi
b. Strategi pembelajaran yang didorong
oleh teori
c. Manifestasi fisik dari
teknologi-perangkat keras, perangkat lunak, dan bahan pembelajaran
1. Teknologi Pembelajaran
Cara untuk memproduksi atau menyampaikan bahan, seperti: buku-buku,
bahan-bahan visual yang statis, terutama melalui pencetakan mekanis atau
photografis. Teknologi ini menjadi dasar untuk pengembangan dan pemanfaatan
dari bahan pembelajaran lain.
Dua komponen teknologi ini adalah bahan teks verbal dan visual.
Pengembangan kedua jenis bahan pembelajaran tersebut sangat bergantung pada
teori persepsi visual, teori membaca, pengelolaan informasi oleh manusia dan
teosi belajar.
Secara khusus, teknologi cetak/visual mempunyai karakteristik sebagai
berikut:
·
Teks
dibaca secara linier, sedangkan visual direkam menurut ruang
·
Keduanya
biasanya memberikan komunikasi satu arah yang pasif
·
Keduanya
terbentuk visual yang statis
·
Pengembangan
sangat bergantung kepada prinsip-prinsip linguistic dan persepsi visual
·
Keduanya
berpusat pada pembelajaran
2. Teknologi Audio-Visual
Merupakan cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan mengguanakan
peralatan dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual.
Pembelajaran audio-visual dapat dikenal dengan mudah karena menggunakan
perangkat keras di dalam proses pengajaran.
Secara khusus, teknoligi audio-visual cenderung mempunyai karakteristik
sebagai berikut:
·
Bersifat
linier
·
Meyampaikan
visual yang dinamis
·
Secara
khas digunakan menurut cara yang sebelumnya telah ditentukan oleh desainer/pengembang
·
Cenderung
merupakan bentuk representasi fisik dari gagasan yang riil dan abstrak
·
Dikembangkan
berdasarkan prinsip-prinsip psikologi tingkah laku dan kognitif
·
Sering
berpusat pada guru, kurang memperhatikan interaktivitas belajar si pembelajar
3. Teknologi Berbasis Komputer
Merupakan cara-cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan
perangkat yang bersumber pada mikroprosesor.
Teknologi komputer, baik yang berupa perangkat keras maupun perangkat
lunak biasanya memiliki karakteristik sebagai berikut:
·
Dapat
digunakan secara acak, disamping secara linier
·
Dapat
digunakan sesuai dengan keinginan pembelajar, disamping menurut cara seperti
yang dirancang oleh pengembangannya
·
Gagasan-gagasan
biasanya diungkapkan secara abstrak dengan menggunakan kata, symbol maupun
grafis
·
Prinsip-prinsip
ilmu kognitif diterapkan selama pengembangan
·
Belajar
dapat berpusat pada pembelajar dengan tingkat interaktifitas tinggi
4. Teknologi Terpadu
Merupakan cara untuk memproduksi dan menyampaikan bahan dengan memadukan
beberapa jenis media yang dikendalikan komputer. Keistimewaan yang ditampilkan oleh
teknologi ini, khususnya dengan menggunakan komputer dengan spesifikasi tinggi,
yakni adanya Interaktifitas pembelajar yang tinggi dengan berbagai macam sumber
belajar.
Pembelajaran dengan teknologi terpadu ini mempunyai karakteristik sebagai
berikut:
·
Dapat
digunakan secara acak, disamping secara linier
·
Dapat
digunakan sesuai dengan keinginan pembelajar, disamping menurut cara seperti
yang dirancang oleh pengembangannya
·
Gagasan-gagasan
sering disajikan secara realistic dalam konteks pengalaman pembelajar, relevan
dengan kondisi pembelajar, dan di bawah kendali pembelajar
·
Prinsi-prinsip
ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan pemanfaatan
bahan pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar