Minggu, 08 April 2012

resume makalah (teknologi pendidikan 6)


Nama              : Indria Pretty Putri
NPM                : 1111020050
Jurusan            : PBA
Mata Kuliah    : Teknologi Pendidikan
Dosen Pembimbing     : Umi Hijriyah, M.Pd        

Kawasan Pengembangan
Pengembangan adalah proses penterjemahan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik, di dalamnya meliputi :
1.      Teknologi cetak
2.      Teknologi Audio-Visual
3.      Teknologi Berbasis Komputer
4.      Teknologi terpadu
Di dalam kawasan pengembangan terdapat keterkaitan yang kompleks antara teknologi dan teori yang mendorong terhadap desain pesan maupun strategi pembelajarannya. Pada dasarnya kawasan pengembangan terjadi karena:
a.      Pesan yang didorong oleh isi
b.      Strategi pembelajaran yang didorong oleh teori
c.       Manifestasi fisik dari teknologi-perangkat keras, perangkat lunak, dan bahan pembelajaran

1.      Teknologi Pembelajaran
Cara untuk memproduksi atau menyampaikan bahan, seperti: buku-buku, bahan-bahan visual yang statis, terutama melalui pencetakan mekanis atau photografis. Teknologi ini menjadi dasar untuk pengembangan dan pemanfaatan dari bahan pembelajaran lain.
Dua komponen teknologi ini adalah bahan teks verbal dan visual. Pengembangan kedua jenis bahan pembelajaran tersebut sangat bergantung pada teori persepsi visual, teori membaca, pengelolaan informasi oleh manusia dan teosi belajar.

Secara khusus, teknologi cetak/visual mempunyai karakteristik sebagai berikut:
·         Teks dibaca secara linier, sedangkan visual direkam menurut ruang
·         Keduanya biasanya memberikan komunikasi satu arah yang pasif
·         Keduanya terbentuk visual yang statis
·         Pengembangan sangat bergantung kepada prinsip-prinsip linguistic dan persepsi visual
·         Keduanya berpusat pada pembelajaran

2.      Teknologi Audio-Visual
Merupakan cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan mengguanakan peralatan dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Pembelajaran audio-visual dapat dikenal dengan mudah karena menggunakan perangkat keras di dalam proses pengajaran.
Secara khusus, teknoligi audio-visual cenderung mempunyai karakteristik sebagai berikut:
·         Bersifat linier
·         Meyampaikan visual yang dinamis
·         Secara khas digunakan menurut cara yang sebelumnya telah ditentukan oleh desainer/pengembang
·         Cenderung merupakan bentuk representasi fisik dari gagasan yang riil dan abstrak
·         Dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip psikologi tingkah laku dan kognitif
·         Sering berpusat pada guru, kurang memperhatikan interaktivitas belajar si pembelajar

3.      Teknologi Berbasis Komputer
Merupakan cara-cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan perangkat yang bersumber pada mikroprosesor.
Teknologi komputer, baik yang berupa perangkat keras maupun perangkat lunak biasanya memiliki karakteristik sebagai berikut:
·         Dapat digunakan secara acak, disamping secara linier
·         Dapat digunakan sesuai dengan keinginan pembelajar, disamping menurut cara seperti yang dirancang oleh pengembangannya
·         Gagasan-gagasan biasanya diungkapkan secara abstrak dengan menggunakan kata, symbol maupun grafis
·         Prinsip-prinsip ilmu kognitif diterapkan selama pengembangan
·         Belajar dapat berpusat pada pembelajar dengan tingkat interaktifitas tinggi

4.      Teknologi Terpadu
Merupakan cara untuk memproduksi dan menyampaikan bahan dengan memadukan beberapa jenis media yang dikendalikan komputer. Keistimewaan yang ditampilkan oleh teknologi ini, khususnya dengan menggunakan komputer dengan spesifikasi tinggi, yakni adanya Interaktifitas pembelajar yang tinggi dengan berbagai macam sumber belajar.
Pembelajaran dengan teknologi terpadu ini mempunyai karakteristik sebagai berikut:
·         Dapat digunakan secara acak, disamping secara linier
·         Dapat digunakan sesuai dengan keinginan pembelajar, disamping menurut cara seperti yang dirancang oleh pengembangannya
·         Gagasan-gagasan sering disajikan secara realistic dalam konteks pengalaman pembelajar, relevan dengan kondisi pembelajar, dan di bawah kendali pembelajar
·         Prinsi-prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan pemanfaatan bahan pembelajaran.

Tidak ada komentar: