Makalah kelompok 6
EMOSIONAL QUESTION
Disusun oleh
Indria pretty putri :1111020050
Rista puspa ningsih :1111020091
M.
Rezaluddin :1111020026
Dosen Pembimbing :
Meriyati, M.Pd

INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI
RADEN
INTAN LAMPUNG
2011/2012
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur mari kita haturkan kepada
Allah SWT, karena atas karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan Tugas Manajemen Pendidikan . Shalawat serta Salam semoga tetap tercurahkan kepada
junjungan kita yaitu Nabi besar Muhammad SAW.
Makalah Manajemen Pendidikan sederhana ini dibuat guna memenuhi tugas.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dalam
pembuatan Makalah ini.
Tak ada gading yang tak
retak, tak ada sesuatu di dunia yang sempurna. Untuk itu penulis menyadari
banyaknya kekurangan dalam pembuatan penulisan Kata. Saran dan kritik yang
membangun sangat diharapkan penulis untuk menjadi lebih baik kedepannya. Semoga
Makalah ini bermanfaat bagi pembaca
umumnya dan penulis khususnya.
Lampung, Maret 2012
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Rumusan Masalah
BAB II PEMBAHASAN
Emotional
Question
1. Definisi
dan sejarah adanya Emosional Question
2.
Hubungan
antara IQ dan EQ
3.
Komponen-komponen EQ
BAB III PENUTUP
KESIMPULAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
pengertian kecerdasan
emosional adalah suatu kemampuan yang dapat mengerti emosi diri sendiri dan orang
lain, serta mengetahui bagaimana emosi diri sendiri terekspresikan untuk
meningkatkan maksimal etis sebagai kekuatan pribadi.
Senada dengan
definisi tersebut, Mayer dan Solovey, mengungkapkan kecerdasan
emosi sebagai kemampuan untuk memantau dan mengendalikan
perasaan sendiri dan orang lain, dan menggunakan perasaan-perasaan itu untuk
memadu pikiran dan tindakan.



Berbeda dengan pendapat sebelumnya, Patton mengemukakan kecerdasan
emosi sebagai kemampuan untuk
mengetahui emosi secara efektif guna mencapai tujuan, dan membangun hubungan
yang produktif dan dapat meraih keberhasilan. Sementara itu Bar-on menyebutkan
bahwa kecerdasan emosi
adalah suatu rangkaian emosi, pengetahuan emosi dan kemampuan-kemampuan yang
mempengaruhi kemampuan keseluruhan individu untuk mengatasi masalah tuntutan
lingkungan secara efektif.
B.
Rumusan Masalah
1. Apa itu Emosional Question?
2. Apa pengertian dari Emosional Question?
3. Komponen-komponen dari Emosional Question?
4. Hubungan emosional question dengan inteligen question?
2. Apa pengertian dari Emosional Question?
3. Komponen-komponen dari Emosional Question?
4. Hubungan emosional question dengan inteligen question?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Emotional Question
1. Definisi
dan sejarah adanya Emosional Question
Pada
tahun 1985 seorang mahasiswa kedokteran di sebuah Universitas AS
menulis
disertasi dengan tema “emotional intelligence”. Tahun 1990 psikolog Peter
Salovey dari
Harvard University dan John Mayer dari University of New Hampshire
mengembangkan
cara pengukuran kemampuan manusia dalam bidang emosi. Mereka
menemukan
beberapa orang lebih baik dari pada yang lain dalam berfikir seperti:
mengenali
perasaan-perasaan mereka sendiri, mengenali perasaan-perasaan orang lain
dan pemecahan
masalah melibatkan isu-isu emosional.
Mayer,
Salovey, dan menurut David Caruso definisi tentang EI
yaitu:”Kemampuan
untuk memproses informasi emosional, yang secara khusus
melibatkan
persepsi, perpaduan, pengertian, dan mengolah emosi”.
Dalam pengertian ini mengandung empat cabang
dari kemampuan mental,
yakni:
1. identifikasi
emosional, persepsi, dan ekspresi (kemampuan mengenali emosi
wajah/mimik muka, musik dan
ceritera-ceritera),
2. fasilitas/kemudahan pemikiran
emosional (kemampuan
yang menghubungkan emosi dengan sensasi mental lain seperti
rasa dan warna) dan penggunaan
emosi dalam pemikiran dan pemecahan masalah
3. pemahaman emosi (melibatkan pemecahan
masalah-masalah emosi seperti
mengetahui emosi yang sama atau kebalikannya dan
hubungan yang ada di dalamnya,
4. pengolahan
emosi (implikasi aksi sosial dalam
emosi dan aturan dari emosi itu
sendiri).
Steiner (1997) menjelaskan pengertian kecerdasan emosional adalah suatu kemampuan
yang dapat mengerti emosi diri sendiri dan orang lain, serta mengetahui
bagaimana emosi diri sendiri terekspresikan untuk meningkatkan maksimal etis
sebagai kekuatan pribadi.
Senada dengan definisi tersebut, Mayer dan
Solovey, mengungkapkan kecerdasan
emosi sebagai kemampuan untuk memantau dan mengendalikan
perasaan sendiri dan orang lain, dan menggunakan perasaan-perasaan itu untuk
memadu pikiran dan tindakan.



Berbeda dengan pendapat sebelumnya, Patton mengemukakan kecerdasan
emosi sebagai kemampuan untuk
mengetahui emosi secara efektif guna mencapai tujuan, dan membangun hubungan
yang produktif dan dapat meraih keberhasilan. Sementara itu Bar-on menyebutkan
bahwa kecerdasan emosi
adalah suatu rangkaian emosi, pengetahuan emosi dan kemampuan-kemampuan yang
mempengaruhi kemampuan keseluruhan individu untuk mengatasi masalah tuntutan
lingkungan secara efektif.
Dari beberapa pengertian tersebut ada
kecenderungan arti bahwa kecerdasan emosional adalah
kemampuan mengenali perasaan sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi
diri sendiri, kemampuan mengolah emosi dengan baik pada diri sendiri
dan orang lain.
2.
Hubungan
antara IQ dan EQ
IQ -
Sejumlah yang menandakan kecerdasan relatif dari seseorang; rasio dikalikan 100
dari usia mental seperti yang dilaporkan pada tes standar untuk usia
kronologis. IQ terutama digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif seseorang,
seperti kemampuan belajar atau memahami situasi baru, bagaimana untuk alasan
melalui skenario masalah yang diberikan /; kemampuan untuk menerapkan
pengetahuan untuk situasi saat seseorang. Ini melibatkan terutama korteks neo
atau bagian atas dari otak.
* Lebih dari 140 - Genius atau hampir jenius
* 120-140 - Sangat kecerdasan unggul (Berbakat)
* 110-119 - kecerdasan superior
* 90-109 - kecerdasan rata-rata atau normal
* 80-89 - kusam
* 70 - 79 - Borderline kekurangan dalam kecerdasan
* Di bawah 70 - lemah pikiran
* Lebih dari 140 - Genius atau hampir jenius
* 120-140 - Sangat kecerdasan unggul (Berbakat)
* 110-119 - kecerdasan superior
* 90-109 - kecerdasan rata-rata atau normal
* 80-89 - kusam
* 70 - 79 - Borderline kekurangan dalam kecerdasan
* Di bawah 70 - lemah pikiran
Contoh dengan perbandingan EQ vs IQ
* Menarik bagi emosi untuk meyakinkan orang daripada menggunakan fakta saja
* Menggunakan emosi selain kemampuan kognitif Anda berfungsi bukan hanya mengandalkan logika
* Mengetahui bagaimana dan mengapa vs Mahatahu apa
* Mengetahui bagaimana memotivasi individu yang terpisah sebagai lawan memperlakukan semua orang dengan cara yang sama
* Memahami dan mengendalikan emosi Anda menggunakannya untuk sesuatu vs Membiarkan emosi Anda mengendalikan Anda karena Anda tidak tahu bagaimana menangani mereka.
3. Komponen-komponen EQ
Kecerdasan emosional diukur dengan menggunakan 5-komponen utama dan 15-subkomponen:
1. Intrapersonal Keterampilan (kemampuan untuk memahami dan menerapkan emosi pribadi)
* Self Regard (kemampuan untuk menerima diri sendiri sebagai dasarnya baik)
* Self Kesadaran Emosional (kemampuan untuk mengenali perasaan sendiri, yang memungkinkan kita untuk mengelola mereka dan membuat keputusan yang lebih baik. Hal ini penting untuk menjadi positif bahkan ketika ditantang karena menghasilkan pemikiran lebih fokus)
* Sikap asertif (kemampuan untuk mengekspresikan perasaan, keyakinan, dan pikiran tanpa menjadi antagonis dan tidak kooperatif terhadap orang lain)
* Kemerdekaan (kemampuan untuk menjadi mandiri serta mengendalikan diri dalam yang berpikir dan tindakan dan untuk bebas dari ketergantungan emosional)
* Self Aktualisasi (kemampuan untuk menyadari potensi seseorang)
2. Keterampilan interpersonal (orang keterampilan)
* Empati (memahami perasaan orang lain, yang memungkinkan kita untuk merespon dengan tepat perubahan iklim emosional orang lain, yang lain yang signifikan, mencatat)
* Tanggung Jawab Sosial (menjadi anggota bekerja sama, berperan, dan konstruktif dari berbagai kelompok sosial)
* Hubungan interpersonal (kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan terkenal karena keakraban mereka dan oleh karyawan memberi & menerima kasih sayang, apakah itu sebagai kekasih, teman, anggota keluarga, atau setia)
3. Manajemen Stress (kemampuan untuk menangani tantangan)
* Stres Toleransi (Kemampuan untuk menangani situasi sulit tanpa 'berantakan')
* Impulse Control (kemampuan untuk menahan atau menunda impuls, dorongan, atau godaan untuk bertindak; mengendalikan kebutuhan untuk "kepuasan instan")
4. Kemampuan beradaptasi (Kemampuan untuk bereaksi dengan cepat, tepat, dan efisien untuk berubah)
* Realitas Pengujian (kemampuan untuk menilai kesesuaian antara apa yang dialami dan apa yang secara objektif terjadi; mengetahui apa yang ingin Anda lakukan vs apa yang sebenarnya Anda bisa melakukannya)
* Fleksibilitas (kemampuan untuk menyesuaikan emosi seseorang, pikiran, dan perilaku untuk mengubah situasi dan kondisi)
* Problem Solving (kemampuan untuk mengidentifikasi dan menentukan masalah-masalah serta menemukan dan menerapkan pemecahan yang ampuh)
5. Umum Mood
* Optimisme
* Kebahagiaan
* Menarik bagi emosi untuk meyakinkan orang daripada menggunakan fakta saja
* Menggunakan emosi selain kemampuan kognitif Anda berfungsi bukan hanya mengandalkan logika
* Mengetahui bagaimana dan mengapa vs Mahatahu apa
* Mengetahui bagaimana memotivasi individu yang terpisah sebagai lawan memperlakukan semua orang dengan cara yang sama
* Memahami dan mengendalikan emosi Anda menggunakannya untuk sesuatu vs Membiarkan emosi Anda mengendalikan Anda karena Anda tidak tahu bagaimana menangani mereka.
3. Komponen-komponen EQ
Kecerdasan emosional diukur dengan menggunakan 5-komponen utama dan 15-subkomponen:
1. Intrapersonal Keterampilan (kemampuan untuk memahami dan menerapkan emosi pribadi)
* Self Regard (kemampuan untuk menerima diri sendiri sebagai dasarnya baik)
* Self Kesadaran Emosional (kemampuan untuk mengenali perasaan sendiri, yang memungkinkan kita untuk mengelola mereka dan membuat keputusan yang lebih baik. Hal ini penting untuk menjadi positif bahkan ketika ditantang karena menghasilkan pemikiran lebih fokus)
* Sikap asertif (kemampuan untuk mengekspresikan perasaan, keyakinan, dan pikiran tanpa menjadi antagonis dan tidak kooperatif terhadap orang lain)
* Kemerdekaan (kemampuan untuk menjadi mandiri serta mengendalikan diri dalam yang berpikir dan tindakan dan untuk bebas dari ketergantungan emosional)
* Self Aktualisasi (kemampuan untuk menyadari potensi seseorang)
2. Keterampilan interpersonal (orang keterampilan)
* Empati (memahami perasaan orang lain, yang memungkinkan kita untuk merespon dengan tepat perubahan iklim emosional orang lain, yang lain yang signifikan, mencatat)
* Tanggung Jawab Sosial (menjadi anggota bekerja sama, berperan, dan konstruktif dari berbagai kelompok sosial)
* Hubungan interpersonal (kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan terkenal karena keakraban mereka dan oleh karyawan memberi & menerima kasih sayang, apakah itu sebagai kekasih, teman, anggota keluarga, atau setia)
3. Manajemen Stress (kemampuan untuk menangani tantangan)
* Stres Toleransi (Kemampuan untuk menangani situasi sulit tanpa 'berantakan')
* Impulse Control (kemampuan untuk menahan atau menunda impuls, dorongan, atau godaan untuk bertindak; mengendalikan kebutuhan untuk "kepuasan instan")
4. Kemampuan beradaptasi (Kemampuan untuk bereaksi dengan cepat, tepat, dan efisien untuk berubah)
* Realitas Pengujian (kemampuan untuk menilai kesesuaian antara apa yang dialami dan apa yang secara objektif terjadi; mengetahui apa yang ingin Anda lakukan vs apa yang sebenarnya Anda bisa melakukannya)
* Fleksibilitas (kemampuan untuk menyesuaikan emosi seseorang, pikiran, dan perilaku untuk mengubah situasi dan kondisi)
* Problem Solving (kemampuan untuk mengidentifikasi dan menentukan masalah-masalah serta menemukan dan menerapkan pemecahan yang ampuh)
5. Umum Mood
* Optimisme
* Kebahagiaan
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
kecerdasan emosional adalah
kemampuan mengenali perasaan sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi
diri sendiri, kemampuan mengolah emosi dengan baik pada diri sendiri
dan orang lain.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar