Resume Tugas kelompok 1
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN KAWASAN
DESAIN
Disusun
Oleh:
Indria
Pretty Putri 1111020050
Kelas/semester: PBA-B/Genap
Dosen: Umi Hijriyah, M.Pd
![]() |
FAKULTAS
TARBIYAH
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN INTAN
BANDAR
LAMPUNG
2011/2012
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN KAWASAN
DESAIN
A.
Kawasan
Desain
Desain bermula dari gerakan psikologi pembelajaran, yaitu
melalui pemikiran para tokoh diantaranya; B.F. Skinner pada artikel tahun 1954
tentang Programmed Instructions
(teori pembelajaran terpogram). Kemudian tahun 1969,Herbert Simon membahas
tentang The Science of Artificial
yaitu membahas karakteristik umum dari pengetahuan preskriptif tentang desain.
1. Desain
sistem pembelajaran
Desain system meliputi;penganalisaan,
perancangan, pengembangan, pengaplikasian dan penilaian pembelajaran. Desain
sistem pembelajaran biasanya merupakan suatu prosedur linear dan interaktif
yang menuntut kecermatan dan kemantapan. Karakteristik dari sistem pembelajaran
ini ialah semua langkah-langkah harus tuntas agar dapat berfungsi sebagai alat
untuk saling mengontrol. Pembelajaran yang berkualitas dapat diwujudkan,
apabila proses pembelajaran dijalankan dengan perencanaan yang dirancang dengan
matang dan saksama.
2.
Desain pesan
Desain pesan yaitu
perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan agar terjadi komunikasi
antara pengirim dan penerima, dengan memperhatikan prinsip-prinsip perhatian,
persepsi, dan daya tangkap.
3.
Strategi pembelajaran
Strategi pembelajaran adalah spesifikasi untuk menyeleksi
serta mengurutkan peristiwa belajar atau kegiatan pembelajaran dalam suatu
pelajaran. Strategi pembelajaran telah memberikan konstribusi terhadap
pengetahuan tentang komponen pembelajaran. Dan seorang desainer menggunakan
komponen strategi pembelajaran sebagai prinsip untuk pembelajaran.
4. Karakteristik
pembelajar atau peserta didik
Karakteristik
peserta didik adalah segi-segi latar belakang pengalaman peserta didik yang
berpengaruh terhadap efektifitas proses belajarnya. Karakteristik peserta didik
mencakup keadaan sosio-psiko-fisik peserta didik.
KESIMPULAN
Teknologi
pendidikan atau pembelajaran adalah teori
dan praktik dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan,
penilaian proses, dan sumber untuk belajar.
Desain adalah
proses untuk menentukan kondisi belajar. Tujuan desain adalah untuk menciptakan
strategi dan produk pada tingkat makro (seperti; program dan kurikulum) dan
tingkat mikro (seperti; pelajaran dan modul). Kawasan desain bermula dari
gerakan psikologi pembelajaran, yang dimulai dari pemikiran B.F. Skinner tahun
1954 tentang teori pembelajaran terprogram. Dalam kawasan desain, terdapat
empat poin utama yaitu: desain sistem pembelajaran, desain pesan, strategi
pembelajaran, dan karakteristik peserta didik.
Desain sistem pembelajaran
adalah prosedur yang terorganisasi dan sistematik yang meliputi;penganalisaan,
perancangan, pengembangan, pengaplikasian dan penilaian pembelajaran. Desain
pesan yaitu perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan agar terjadi
komunikasi agar terjadi komunikasi antara pengirim dan penerima, dengan
memperhatikan prinsip-prinsip perhatian, persepsi, dan daya tangkap.
Strategi
pembelajaran adalah spesifikasi untuk menyeleksi serta mengurutkan peristiwa
belajar atau kegiatan pembelajaran dalam suatu pelajaran. Karakteristik peserta
didik adalah segi-segi latar belakang pengalaman peserta didik yang berpengaruh
terhadap efektifitas proses belajarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar