Minggu, 08 April 2012

resume makalah (teknologi pendidikan 2)


Resume Tugas kelompok  1

TEKNOLOGI  PEMBELAJARAN  KAWASAN  DESAIN

Disusun Oleh:
Indria Pretty Putri                 1111020050
Kelas/semester:                   PBA-B/Genap
Dosen:           Umi Hijriyah, M.Pd 



 








FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN INTAN
BANDAR LAMPUNG
2011/2012


TEKNOLOGI  PEMBELAJARAN  KAWASAN  DESAIN
A.    Kawasan Desain
Desain bermula dari gerakan psikologi pembelajaran, yaitu melalui pemikiran para tokoh diantaranya; B.F. Skinner pada artikel tahun 1954 tentang Programmed Instructions (teori pembelajaran terpogram). Kemudian tahun 1969,Herbert Simon membahas tentang The Science of Artificial yaitu membahas karakteristik umum dari pengetahuan preskriptif tentang desain.
1.      Desain sistem pembelajaran
Desain system meliputi;penganalisaan, perancangan, pengembangan, pengaplikasian dan penilaian pembelajaran. Desain sistem pembelajaran biasanya merupakan suatu prosedur linear dan interaktif yang menuntut kecermatan dan kemantapan. Karakteristik dari sistem pembelajaran ini ialah semua langkah-langkah harus tuntas agar dapat berfungsi sebagai alat untuk saling mengontrol. Pembelajaran yang berkualitas dapat diwujudkan, apabila proses pembelajaran dijalankan dengan perencanaan yang dirancang dengan matang dan saksama.
2.      Desain pesan
Desain pesan yaitu perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan agar terjadi komunikasi antara pengirim dan penerima, dengan memperhatikan prinsip-prinsip perhatian, persepsi, dan daya tangkap.
3.      Strategi pembelajaran
Strategi pembelajaran adalah spesifikasi untuk menyeleksi serta mengurutkan peristiwa belajar atau kegiatan pembelajaran dalam suatu pelajaran. Strategi pembelajaran telah memberikan konstribusi terhadap pengetahuan tentang komponen pembelajaran. Dan seorang desainer menggunakan komponen strategi pembelajaran sebagai prinsip untuk pembelajaran.
4.      Karakteristik pembelajar atau peserta didik
Karakteristik peserta didik adalah segi-segi latar belakang pengalaman peserta didik yang berpengaruh terhadap efektifitas proses belajarnya. Karakteristik peserta didik mencakup keadaan sosio-psiko-fisik peserta didik.




KESIMPULAN

            Teknologi pendidikan atau pembelajaran adalah teori  dan praktik dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian proses, dan sumber untuk belajar.
Desain adalah proses untuk menentukan kondisi belajar. Tujuan desain adalah untuk menciptakan strategi dan produk pada tingkat makro (seperti; program dan kurikulum) dan tingkat mikro (seperti; pelajaran dan modul). Kawasan desain bermula dari gerakan psikologi pembelajaran, yang dimulai dari pemikiran B.F. Skinner tahun 1954 tentang teori pembelajaran terprogram. Dalam kawasan desain, terdapat empat poin utama yaitu: desain sistem pembelajaran, desain pesan, strategi pembelajaran, dan karakteristik peserta didik.
            Desain sistem pembelajaran adalah prosedur yang terorganisasi dan sistematik yang meliputi;penganalisaan, perancangan, pengembangan, pengaplikasian dan penilaian pembelajaran. Desain pesan yaitu perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan agar terjadi komunikasi agar terjadi komunikasi antara pengirim dan penerima, dengan memperhatikan prinsip-prinsip perhatian, persepsi, dan daya tangkap.
            Strategi pembelajaran adalah spesifikasi untuk menyeleksi serta mengurutkan peristiwa belajar atau kegiatan pembelajaran dalam suatu pelajaran. Karakteristik peserta didik adalah segi-segi latar belakang pengalaman peserta didik yang berpengaruh terhadap efektifitas proses belajarnya.

Tidak ada komentar: