Minggu, 08 April 2012

resume makalah (teknologi pendidikan 5)


NAMA                       :INDRIA PRETTY PUTRI
NPM                           :1111020050
JURUSAN                 :PBA B
MATA KULIAH      : TEKNOLOGI PENDIDIKAN
DOSEN                      : UMY HIJRIYAH

KAWASAN PENILAIAN
 Menurut Seels dan Richey (1994:59) penilaian ialah suatu proses penentuan memadai tindakan pembelajaran dan belajar . Penilaian di mulai dengan analisis masalah. Sedangkan menurut Sudrajat menyatakan bahwa penilaian adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana proses penilaian peserta didik atau ketercapaian kompetensi peserta didik. Dan menurut Arikunto serta Nurkancana penilaian merupakan proses perbuatan keputusan terhadap sesuatu ukuran baik-buruk bersifat kualitatif.
 Macam-macam penilaian:
  1. Penilaian proyek: evaluasi untuk menaksir kegiatan yang di biayai secara khusus guna melakukan suatu tugas tertentu dalam suatu kurun waktu
  2. Penilaian bahan : produk pembelajaran merupakan evaluasi yang menaksir kebaikan atau manfaat isi yang menyangkut benda-benda fisik contohnya: buku,pedoman kurikulum,film dll.
  3. Penilaian program : evaluasi yang menaksir kegitan pendidikan yang memberikan pelayanan secara berkesinambungan dan sering terlibat dalam  penyusunan kurikulum.

Sedangkan menurut Dekdipnas teknik penilaian meliputi, Penilaian unjuk kerja
 Penilaian sikap-sikap. Sikap meliputi
·         Sikap terhadap materi pelajaran
·         Sikap terhadap guru/pengajar
·         Sikap terhadap proses pembelajaran
·         Sikap berkaitan dengan nilai atau norma yang berhubungan dengan suatu materi pelajaran.

Penilaian tertulis: penilaian tertulis dilakukan dengan tes tertulis
Manfaat penilaian kelas
·         Untuk mengetahui tingkat kompetensi selama dan setelah proses pembelajaaran berlangsung.
·         Untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik agar mengetahui kekuatan dan kelemahannya dalam proses pencapaian kompetansi
·         Untuk umpan balik bagi guru dalam memperbaiki metode, pendekatan, kegiatan, dan sumber belajar yang di gunakan
·         Untuk memberikan pilihan alternative penilaian kepada guru
·         Untuk memberikan informasi kepada orang tua dan komite sekolah tantang efektifitas pendidikan.
















Tidak ada komentar: