Nama :
Indria Pretty Putri
NPM :
1111020050
Jurusan : PBA
Mata Kuliah :
Teknologi Pendidikan
Dosen Pembimbing : Umi Hijriyah, M.Pd
KAWASAN PEMANFAATAN
Pemanfaatan adalah aktifitas
menggunakan proses dan sumber untuk belajar. Fungsi pemanfaatan sangat penting
karena membicarakan kaitan antara pembelajar atau bahan untuk sistem
pembelajaran. Atau disebut juga tindakan menggunakan metode dan modal
intruksional, bahan dan peralatan media untuk meningkatkan suasana pembelajaran
Karya Dale pada 1946 yang berjudul Audiovisual
Materials in Teaching, yang di dalamnya mencoba memberikan rasional umum
tentang pemilihan bahan dan aktifitas belajar yang tepat. Kawasan pemanfaatan
mungkin merupakan kawasan Teknologi pembelajaran yang tertua, mendahului
kawasan desain dan produksi media pembelajaran yang sistematis. Kawasan ini
berasal dari gerakan pendidikan visual pada abad dkd ke-20, dengan didirikannya
museum-museum. Pada abad ke-20 guru mulai berupaya untuk menggunakan film
teatrikal dan film singkat mengenai pokok-pokok pembelajaran di kelas.
1. Pemanfaatan Media
Penggunaan yang sistematis dari
sumber belajar. Proses pemanfaatan media merupakan proses pengembalian
keputusan berdasarkan pada spesifikasi desain pembelajaran.
Contoh pemanfaatan media dalam
kegiatan pembelajaran antara lain:
a. Pemanfaatan media video dalam
kegiatan pembelajaran
b. Pemanfaatan kaset audio dalam
kegiatan pembelajaran
2. Difusi Inovasi
Proses berkomunikasi melalui strategi
yang terencana dengan tujuan untuk diadopsi. Tujuan akhir yang ingin dicapai
ialah untuk terjadinya perubahan. Dalam proses difusi inovasi kadang kala
membawa keberhasilan yang gemilang karena inovasi diterima dengan baik oleh
masyarakat dan dimanfaatkan oleh warga masyarakat tertentu.
Langkah-langkah difusi:
a. Pengetahuan
b. Persuasi atau bujukan
c. Keputusan
d. Implementasi
e. Konfirmasi
3. Implementasi dan Institusionalisasi
Penggunaan bahan dan strategi
pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya (bukan tersimulasikan). Sedangkan
institusionalisasi ialah penggunaan yang rutin dan pelestarian dari inovasi
pembelajaran dalam suatu struktur atau budaya organisasi.
4. Kebijakan dan Regulasi
Aturan dan tindakan dari masyarakat
yang mempengaruhi penyebaran (difusi) dan pemanfaatan teknologi pembelajaran.
Kebijakan dan peraturan pemerintah mempengaruhi pemanfaatan teknologi.
Kebijakan dan regulasi biasanya dihambat oleh permasalahan etika dan ekonomi.
Nama :
Indria Pretty Putri
NPM :
1111020050
Jurusan : PBA
Mata Kuliah :
Teknologi Pendidikan
Dosen Pembimbing : Umi Hijriyah, M.Pd
KAWASAN PENGELOLAAN
Pengelolaan meliputi pengendalian
Teknologi Pembelajaran melalui:
·
Perencanaan
·
Pengorganisasian
·
Pengkoordinasian
·
Supervise
Kawasan pengelolaan bermula dari
administrasi pusat media, program media dan pelayanan media.
1. Pengelolaan proyek meliputi:
perencanaan, monitoring, dan pengendalian proyek desain dan pengembangan.
Pengelolaan proyek berbeda dengan pengelolaan tradisonal (line and staff
management), karena:
·
Staf
proyek mungkin baru, yaitu anggota tim untuk jangka pendek
·
Pengelola
proyek biasanyatidak memiliki wewenang jangka panjang atas orang karena sifat
tugas mereka yang sementara
·
Pengelola
proyek memiliki kondisi dan fleksibilitas yang lebih luas dari yang biasa
terdapat pada organisasi garis dan staf
Peran pengelola proyek biasanya berhubungan
dengan cara mengatasi ancaman proyek dan memberisaran perubahan internal.
2. Pengelolaan sumber mencakup:
perencanaan, pemantauan, dan pengendalian system pendukung dan pelayanan
sumber. Pengelolaan sumber memiliki arti penting karena mengatur pengendalian
akses. Pengertian sumber dapat mencakup, personil keuangan, bahan baku, waktu,
fasilitas, dan sumber pembelajaran.
3. Pengelolaan system penyampaian
meliputi: perencanaan, pemantauan, pengendalian “cara bagaimana distribusi
bahan pembelajaran diorganisasian”. Hal tersebut merupakan suatu gabungan
antara medium dan cara penggunaan yang dipakai dalam menyajikan informasi
pembelajaran kepada pembelajar.
4. Pengelolaan Informasi meliputi:
perencanaan, pemantauan, dan pengendalian cara penyimpanan, pengiriman/pemindahan
atau pemroses informasi dalam rangka tersedianya sumber untuk kegiatan belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar