Minggu, 08 April 2012

resume makalah (teknologi pendidikan 4)


Nama              : Indria Pretty Putri
NPM                : 1111020050
Jurusan            : PBA
Mata Kuliah    : Teknologi Pendidikan
Dosen Pembimbing     : Umi Hijriyah, M.Pd        

KAWASAN PEMANFAATAN
Pemanfaatan adalah aktifitas menggunakan proses dan sumber untuk belajar. Fungsi pemanfaatan sangat penting karena membicarakan kaitan antara pembelajar atau bahan untuk sistem pembelajaran. Atau disebut juga tindakan menggunakan metode dan modal intruksional, bahan dan peralatan media untuk meningkatkan suasana pembelajaran
Karya Dale pada 1946 yang berjudul Audiovisual Materials in Teaching, yang di dalamnya mencoba memberikan rasional umum tentang pemilihan bahan dan aktifitas belajar yang tepat. Kawasan pemanfaatan mungkin merupakan kawasan Teknologi pembelajaran yang tertua, mendahului kawasan desain dan produksi media pembelajaran yang sistematis. Kawasan ini berasal dari gerakan pendidikan visual pada abad dkd ke-20, dengan didirikannya museum-museum. Pada abad ke-20 guru mulai berupaya untuk menggunakan film teatrikal dan film singkat mengenai pokok-pokok pembelajaran di kelas.
1.      Pemanfaatan Media
Penggunaan yang sistematis dari sumber belajar. Proses pemanfaatan media merupakan proses pengembalian keputusan berdasarkan pada spesifikasi desain pembelajaran.
Contoh pemanfaatan media dalam kegiatan pembelajaran antara lain:
a.      Pemanfaatan media video dalam kegiatan pembelajaran
b.      Pemanfaatan kaset audio dalam kegiatan pembelajaran


2.      Difusi Inovasi
Proses berkomunikasi melalui strategi yang terencana dengan tujuan untuk diadopsi. Tujuan akhir yang ingin dicapai ialah untuk terjadinya perubahan. Dalam proses difusi inovasi kadang kala membawa keberhasilan yang gemilang karena inovasi diterima dengan baik oleh masyarakat dan dimanfaatkan oleh warga masyarakat tertentu.
Langkah-langkah difusi:
a.      Pengetahuan
b.      Persuasi atau bujukan
c.       Keputusan
d.      Implementasi
e.      Konfirmasi
3.      Implementasi dan Institusionalisasi
Penggunaan bahan dan strategi pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya (bukan tersimulasikan). Sedangkan institusionalisasi ialah penggunaan yang rutin dan pelestarian dari inovasi pembelajaran dalam suatu struktur atau budaya organisasi.

4.      Kebijakan dan Regulasi
Aturan dan tindakan dari masyarakat yang mempengaruhi penyebaran (difusi) dan pemanfaatan teknologi pembelajaran. Kebijakan dan peraturan pemerintah mempengaruhi pemanfaatan teknologi. Kebijakan dan regulasi biasanya dihambat oleh permasalahan etika dan ekonomi.






Nama              : Indria Pretty Putri
NPM                : 1111020050
Jurusan            : PBA
Mata Kuliah    : Teknologi Pendidikan
Dosen Pembimbing     : Umi Hijriyah, M.Pd        

KAWASAN PENGELOLAAN
Pengelolaan meliputi pengendalian Teknologi Pembelajaran melalui:
·         Perencanaan
·         Pengorganisasian
·         Pengkoordinasian
·         Supervise
Kawasan pengelolaan bermula dari administrasi pusat media, program media dan pelayanan media.
1.      Pengelolaan proyek meliputi: perencanaan, monitoring, dan pengendalian proyek desain dan pengembangan. Pengelolaan proyek berbeda dengan pengelolaan tradisonal (line and staff management), karena:
·         Staf proyek mungkin baru, yaitu anggota tim untuk jangka pendek
·         Pengelola proyek biasanyatidak memiliki wewenang jangka panjang atas orang karena sifat tugas mereka yang sementara
·         Pengelola proyek memiliki kondisi dan fleksibilitas yang lebih luas dari yang biasa terdapat pada organisasi garis dan staf
 Peran pengelola proyek biasanya berhubungan dengan cara mengatasi ancaman proyek dan memberisaran perubahan internal.

2.      Pengelolaan sumber mencakup: perencanaan, pemantauan, dan pengendalian system pendukung dan pelayanan sumber. Pengelolaan sumber memiliki arti penting karena mengatur pengendalian akses. Pengertian sumber dapat mencakup, personil keuangan, bahan baku, waktu, fasilitas, dan sumber pembelajaran.

3.      Pengelolaan system penyampaian meliputi: perencanaan, pemantauan, pengendalian “cara bagaimana distribusi bahan pembelajaran diorganisasian”. Hal tersebut merupakan suatu gabungan antara medium dan cara penggunaan yang dipakai dalam menyajikan informasi pembelajaran kepada pembelajar.


4.      Pengelolaan Informasi meliputi: perencanaan, pemantauan, dan pengendalian cara penyimpanan, pengiriman/pemindahan atau pemroses informasi dalam rangka tersedianya sumber untuk kegiatan belajar.

Tidak ada komentar: