RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MAN 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : Bahasa
Arab
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
A. Standar Kompetensi
1.
Istima’
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang remaja dan kesehatan.
B. Kompetensi Dasar
1.
Mengidentifikasikan bunyi dan ujaran (kata, frase dan kalimat) tentang remaja dan kesehatan
2.
Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang remaja dan kesehatan.
C. Indikator Pencapaian.
1.
Peserta
didik mampu mengidentifikasikan bunyi dan ujaran (kata, frase dan kalimat) tentang remaja dan kesehatan.
2.
Peserta didik mampu menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk
wacana lisan secara tepat tentang remaja dan kesehatan.
D.
Nilai yang dikembangkan(PBKB)
Mandiri
Berfikir logis
Kreatif
Religius
Kerja keras
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Tanggung Jawab
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, peserta didik diharapkan:
1.
Mampu mengidentifikasi bunyi dan ujaran (kata, frase
dan kalimat) tentang remaja dan kesehatan
2.
Mampu menangkap makna makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana
lisan secara tepat tentang remaja dan kesehatan.
F. Materi pembelajaran
السَّمِيْنُ وَالنَّحِيْفُ
كَانَتْ
عَلاَمَةُ الصِّحَّةِ فِيْ الماَضِي أَنْ يَكُوْنَ الإِنْسَانُ سَمِيْنًا,
كَثِيْرَ اللَّحْمِ وَالشَّحْمِ, فَالإِنْسَانُ لبسَّمِيْنُ هُوَ الصَّحِيْحُ,
وَاْلإِنْسَانُ النَّحِيْفُ هُوَ الْمَرِيْضُ. وَكَانَ النَّاسُ يَأْكُلُوْنَ
كَثِيْرًا إِذَا وَجَدُوْا الطَّعَامَ. وَكَانَ الرِّجَالُ يُفَضِّلُوْنَ
الزَّوَاجَ بِالْمَرْأَةِ السَّمِيْنَةِ, وَلاَ يُحِبُّوْنَ الزَّوَاجَ
بِالْمَرْأَةِ النَّحِيْفَةِ.
تَقَدَّمَ
الْأَطِبَّاءُ كَثِيْرًا الآنَ, وَ ظَهَرَ أَنَّ هُنَاكَ أَمْرَاضًا تُصِيْبُ
الشَّخْصَ السَّمِيْنَ, وَهِيَ أَمْرَاضٌ خَطِيْرَةٌ, مِثْلُ أمْرَاضِ اْلقَلْبِ,
وَالسُّكَّرِيِّ, وَضَغْطِ الدَّمِ, لَقَدْ أَصْبَحَتْ اْلبَدَانَةُ اْليَوْمَ
عَلاَمَةً عَلَى اْلمَرَضِ, وَأَخَدَ النَّاسُ يَتَّبِعُوْنَ اْلحِمْيَةَ,
فَيَتَنَاوَلُوْنَ طَعَامَ قَلِيْلاً, وَيَبْتَعِدُوْنَ عَنِ السُّكَّرِيَّاتِ,
وَالدُّهُوْنِ وَ النَّشَوِيَّاتِ.
أَصْبَحَ
اْلأَطِبَّاءُ يُحَذِّرُوْنَ النَّاسَ مِنَ الطَّعَامِ اْلأَبْيَضِ,
وَالْحَلِيْبِ. كَامِلِ الدَّسَمِ قَائِلِيْنَ: اِبْتَعِدْ عَنِ السُّكَرِ: ضَعْ
قَلِيْلاً مِنْهُ فِيْ الطَّعَامِ: لاَ تَأْكُلِ اْلخُبْزَ اْلأَبْيَضَ: كُلِ
الْخُبْزَ الْأَسْمَرَ, لاَ تَأْكُل اْلأَرُزَّ اْلأَسْمَرَ. وَأَصْبَحَ النَّاسُ
يَتَّبِعُوْنَ الْحِمْيَةَ, فَيَأْكُلُوْنَ قَلِيْلاً مِنَ اللَّحْمِ اْلأَحْمَرِ
وَاْلبَيْضِ, وَيَتَنَاوَلُوْنَ كَثِيْرًا مِنَ السَّمَكِ وَالدَّجَاجِ
وَاْلخَضْرَوَاتِ وَ اْلفَوَاكِهِ.
نَهَى
اْلإِسْلاَمُ عَنِ اْلإِسْرَافِ فِي الطَّعَامَ, لِأَنَّ اْلأَكْلَ اْلكَثِيْرَ
يَضُرُّ اْلإِنْسَانَ. قَالَ تَعَالَى: وَكُلُواْ وَاشْرَبُوْا وَلاَ تُسْرِفُوْا,
إِنَّهُ لاَ يُحِبُّ اْلمُسْرفيْنَ (سُوْرَةُ اْلأَعْرَافِ : ۳۱)
ﭐ۰أَكْمِلِ
الْجُمَلَ وَفْقَا لِمَا اسْتَمَعْتَ إِلَيْهِ فِيْ الْقِرَاءَةِ السَّابِقَةِ!
٠١كَانَتْ
...... فِي اَلْمَاضِي أَنْ يَكُوْنَ ....... سَمِيْناً
٠٢وَ.........
اَلنَّاسُ يَأكُلُوْنَ ...... إِذْاوَجَدُوا .....
٠٣وَ ........
أنّ هُنَكَ أمْرَاضًا تُصِيْبُ ......
٠٤........
اْلإسْلاَمُ عَنِ اْلإسْرَافِ فِي .......
٠٥و .....
و .... وَلاَ..... إِنَّهُ لاَيُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ.
Jawaban.
٠١عَلاَمَةُ الصَّحَّةِ - اْلإِنْسَانُ
٠٢كَانَ – كَثِيْرًا – اَلطَّعَام
٠٣ظَهَر – الشَّخْصَ السَّمِيْنَ
٠٤نَهَى – الطَّعَامَ
٠٥كُلُوْا – اشْرَبُوْا – تُسْرِفُوْا
G. Metode Pembelajaran
Pendekatan (mengamati, mengumpulkan
informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar dan mengkomunikasikan).
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Yang Dikembangkan
|
v Pendahuluan
:
Apersepsi dan Motivasi :
1.
Guru membuka pertemuan di kelas dengan mengucap salam
2.
Guru
meminta murid untuk berdoa sebelum memulai proses pembelajaran.
3.
Guru
mengecek kehadiran siswa.
4.
Guru melakukan apersepsi dengan memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam
mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan dan memberikan penjelasan
tentang tujuan belajar dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
v Kegiatan
inti
a.
Eksplorasi
1.
Peserta didik mendengarkan guru membuka pelajaran dengan membaca
teks bahasa Arab tentang السمين و النحيف
2.
Setelah guru selesai membaca, lalu guru
meminta peserta didik membaca secara bersamaan.
3.
Setelah selesai membaca secara bersamaan
guru membagi beberapa kelompok untuk membaca.
4.
Lalu setelah semua kelompok sudah membaca
guru menunjuk beberapa pesera didik untuk membaca secara individual.
b.
Elaborasi
1.
Setelah dirasa telah bisa membaca secara fasih
seluruh kelas, Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan tentang
makna/akar kata mufrodat yang belum diketahui.
2.
Peserta didik diminta membentuk kelompok untuk melaksanakan strategi bersama guru dengan menggunakan strategi NHT (Number Head Together)
dan Index Card Match.
3.
Setelah strategi selesai guru
mengadakan pembahasan tentang apa yang telah didapat dari strategi
sebelumnya.
4.
Peserta didik dibimbing untuk menyimpulkan hasil dari pembahasan
tentang apa yang ada dalam strategi sebelumnya.
c. Konfirmasi
1. Guru
melakukan refleksi dan memvalidasi hasil paparan siswa
2. Guru
menyimpulkan kembali pembahasan yang telah disampaikan melalui strategi yang
dilakukan.
v
Kegiatan penutup.
§ Guru
melaksanakan penilaian lisan.
§ Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.
|
15
Menit
1x45
Menit
5 Menit
|
Pemahaman Konsep
|
I.
Sumber
Belajar dan Media Pembelajaran.
1.
Sumber Belajar
1.
Buku LKS Bahasa Arab Kelas XI MA
2.
Kamus Bahasa Arab
3.
Mufrodat
2.
Media Pembelajaran
1.
Karton
2.
Kertas Origami
J.
Penilaian/Assesment
Indikator
Pencapaian
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
||||
1. Menghafalkan mufrodat (kosakata) yang terdapat dalam bacaan dengan lancar dan benar.
2. Membuat
contoh kalimat dari mufrodat
yang di dapat dari bacaan dalam bahasa Arab.
|
Tes tertulis dan Lisan
|
Uraian dan Tanya Jawab
|
1. Sebutkan
mufrodat (kosakata) yang terdapat dalam bacaan yang telah kalian pelajari minimal tiga mufrodat !
2. Buatlah
kalimat dengan menggunakan Mufrodat yang telah diberikan !
|
||||
Guru Pamong
Ida
Yuliati, S.Pd.I
NIP.
198205052006042041
|
B.Lampung, 11
November 2014
Guru PPL
Pendidikan Bahasa Arab Kelas XI IPA 2
Indria
Pretty Putri
NPM : 11110200050
|
||||||
Mengetahui
Kepala Sekolah
Drs.
M. Iqbal
NIP.
19630825199003 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar