Minggu, 08 Februari 2015

RPP Bahasa Arab 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                       : MAN 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Kelas/Semester          : XI/Ganjil
Alokasi Waktu           : 2x45 Menit
A.      Standar Kompetensi
1.         Istima’
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog  sederhana tentang remaja dan kesehatan.
B.       Kompetensi Dasar
1.         Mengidentifikasikan bunyi dan ujaran (kata, frase dan kalimat) tentang remaja dan kesehatan
2.         Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang remaja dan kesehatan.
C.      Indikator Pencapaian.
1.         Peserta didik  mampu mengidentifikasikan bunyi dan ujaran (kata, frase dan kalimat) tentang remaja dan kesehatan.
2.         Peserta didik mampu menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang remaja dan kesehatan.
D.      Nilai yang dikembangkan(PBKB)


Mandiri
 Berfikir logis
 Kreatif
 Religius
 Kerja keras
 Rasa ingin tahu
 Komunikatif
Tanggung Jawab


E.       Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, peserta didik diharapkan:
1.           Mampu mengidentifikasi bunyi dan ujaran (kata, frase dan kalimat) tentang remaja dan kesehatan
2.           Mampu menangkap makna makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang remaja dan kesehatan.
F.       Materi pembelajaran

السَّمِيْنُ وَالنَّحِيْفُ
كَانَتْ عَلاَمَةُ الصِّحَّةِ فِيْ الماَضِي أَنْ يَكُوْنَ الإِنْسَانُ سَمِيْنًا, كَثِيْرَ اللَّحْمِ وَالشَّحْمِ, فَالإِنْسَانُ لبسَّمِيْنُ هُوَ الصَّحِيْحُ, وَاْلإِنْسَانُ النَّحِيْفُ هُوَ الْمَرِيْضُ. وَكَانَ النَّاسُ يَأْكُلُوْنَ كَثِيْرًا إِذَا وَجَدُوْا الطَّعَامَ. وَكَانَ الرِّجَالُ يُفَضِّلُوْنَ الزَّوَاجَ بِالْمَرْأَةِ السَّمِيْنَةِ, وَلاَ يُحِبُّوْنَ الزَّوَاجَ بِالْمَرْأَةِ النَّحِيْفَةِ.
تَقَدَّمَ الْأَطِبَّاءُ كَثِيْرًا الآنَ, وَ ظَهَرَ أَنَّ هُنَاكَ أَمْرَاضًا تُصِيْبُ الشَّخْصَ السَّمِيْنَ, وَهِيَ أَمْرَاضٌ خَطِيْرَةٌ, مِثْلُ أمْرَاضِ اْلقَلْبِ, وَالسُّكَّرِيِّ, وَضَغْطِ الدَّمِ, لَقَدْ أَصْبَحَتْ اْلبَدَانَةُ اْليَوْمَ عَلاَمَةً عَلَى اْلمَرَضِ, وَأَخَدَ النَّاسُ يَتَّبِعُوْنَ اْلحِمْيَةَ, فَيَتَنَاوَلُوْنَ طَعَامَ قَلِيْلاً, وَيَبْتَعِدُوْنَ عَنِ السُّكَّرِيَّاتِ, وَالدُّهُوْنِ وَ النَّشَوِيَّاتِ.
أَصْبَحَ اْلأَطِبَّاءُ يُحَذِّرُوْنَ النَّاسَ مِنَ الطَّعَامِ اْلأَبْيَضِ, وَالْحَلِيْبِ. كَامِلِ الدَّسَمِ قَائِلِيْنَ: اِبْتَعِدْ عَنِ السُّكَرِ: ضَعْ قَلِيْلاً مِنْهُ فِيْ الطَّعَامِ: لاَ تَأْكُلِ اْلخُبْزَ اْلأَبْيَضَ: كُلِ الْخُبْزَ الْأَسْمَرَ, لاَ تَأْكُل اْلأَرُزَّ اْلأَسْمَرَ. وَأَصْبَحَ النَّاسُ يَتَّبِعُوْنَ الْحِمْيَةَ, فَيَأْكُلُوْنَ قَلِيْلاً مِنَ اللَّحْمِ اْلأَحْمَرِ وَاْلبَيْضِ, وَيَتَنَاوَلُوْنَ كَثِيْرًا مِنَ السَّمَكِ وَالدَّجَاجِ وَاْلخَضْرَوَاتِ وَ اْلفَوَاكِهِ.
نَهَى اْلإِسْلاَمُ عَنِ اْلإِسْرَافِ فِي الطَّعَامَ, لِأَنَّ اْلأَكْلَ اْلكَثِيْرَ يَضُرُّ اْلإِنْسَانَ. قَالَ تَعَالَى: وَكُلُواْ وَاشْرَبُوْا وَلاَ تُسْرِفُوْا, إِنَّهُ لاَ يُحِبُّ اْلمُسْرفيْنَ (سُوْرَةُ اْلأَعْرَافِ : ۳۱)
ﭐ۰أَكْمِلِ الْجُمَلَ وَفْقَا لِمَا اسْتَمَعْتَ إِلَيْهِ فِيْ الْقِرَاءَةِ السَّابِقَةِ!
٠١كَانَتْ ...... فِي اَلْمَاضِي أَنْ يَكُوْنَ ....... سَمِيْناً
٠٢وَ......... اَلنَّاسُ يَأكُلُوْنَ ...... إِذْاوَجَدُوا .....
٠٣وَ ........ أنّ هُنَكَ أمْرَاضًا تُصِيْبُ ......
٠٤........ اْلإسْلاَمُ عَنِ اْلإسْرَافِ فِي .......
٠٥و ..... و .... وَلاَ..... إِنَّهُ لاَيُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ.
Jawaban.
٠١عَلاَمَةُ الصَّحَّةِ - اْلإِنْسَانُ
٠٢كَانَ – كَثِيْرًا – اَلطَّعَام 
٠٣ظَهَر – الشَّخْصَ السَّمِيْنَ
٠٤نَهَى – الطَّعَامَ
٠٥كُلُوْا – اشْرَبُوْا – تُسْرِفُوْا

G.      Metode Pembelajaran
Metode Membaca, diskusi dan Tanya jawab.
Pendekatan (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar dan mengkomunikasikan).
H.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
1.    Guru membuka pertemuan di kelas dengan mengucap salam
2.    Guru meminta murid untuk berdoa sebelum memulai proses pembelajaran.
3.    Guru mengecek kehadiran siswa.
4.    Guru melakukan apersepsi dengan memberi  motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan dan memberikan penjelasan tentang tujuan belajar dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
v  Kegiatan inti
a.       Eksplorasi
1.    Peserta didik mendengarkan guru membuka pelajaran dengan membaca teks bahasa Arab tentang السمين و النحيف
2.    Setelah guru selesai membaca, lalu guru meminta peserta didik membaca secara bersamaan.
3.    Setelah selesai membaca secara bersamaan guru membagi beberapa kelompok untuk membaca.
4.    Lalu setelah semua kelompok sudah membaca guru menunjuk beberapa pesera didik untuk membaca secara individual.
b.      Elaborasi
1.    Setelah dirasa telah bisa membaca secara fasih seluruh kelas, Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan tentang makna/akar kata mufrodat yang belum diketahui.
2.    Peserta didik diminta membentuk kelompok untuk melaksanakan strategi bersama guru dengan menggunakan strategi NHT (Number Head Together) dan Index Card Match.
3.    Setelah strategi selesai guru mengadakan pembahasan tentang apa yang telah didapat dari strategi sebelumnya.
4.    Peserta didik dibimbing untuk menyimpulkan hasil dari pembahasan tentang apa yang ada dalam strategi sebelumnya.
c.       Konfirmasi
1.    Guru melakukan refleksi dan memvalidasi hasil paparan siswa
2.    Guru menyimpulkan kembali pembahasan yang telah disampaikan melalui strategi yang dilakukan.
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan.
§  Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.



15 Menit











1x45 Menit
















5 Menit
Pemahaman Konsep










I.         Sumber Belajar  dan Media Pembelajaran.
1.         Sumber Belajar
1.    Buku LKS Bahasa Arab Kelas XI MA
2.    Kamus Bahasa Arab
3.    Mufrodat
2.         Media Pembelajaran
1.    Karton
2.    Kertas Origami
J.        Penilaian/Assesment
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen

1.    Menghafalkan mufrodat (kosakata) yang terdapat dalam bacaan dengan lancar dan benar.
2.    Membuat contoh kalimat dari mufrodat yang di dapat dari bacaan dalam bahasa Arab.
Tes tertulis dan Lisan

Uraian dan Tanya Jawab
1.      Sebutkan mufrodat (kosakata) yang terdapat dalam bacaan yang telah kalian pelajari minimal tiga mufrodat !
2.      Buatlah kalimat dengan menggunakan Mufrodat yang telah diberikan !



Guru Pamong



Ida Yuliati, S.Pd.I
NIP. 198205052006042041



B.Lampung, 11 November 2014
Guru PPL Pendidikan Bahasa Arab Kelas XI IPA 2



Indria Pretty Putri
NPM : 11110200050









Mengetahui
Kepala Sekolah


Drs. M. Iqbal
NIP. 19630825199003 1 002

Tidak ada komentar: