RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MAN 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : Bahasa
Arab
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
A. Standar Kompetensi
1.
Kalam
Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan
kesehatan.
B. Kompetensi Dasar
1.
Mengidentifikasikan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang remaja dan kesehatan
2.
Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar
tentang remaja dan kesehatan.
C. Indikator Pencapaian.
1.
Peserta
didik mampu mengidentifikasikan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang remaja dan kesehatan
2.
Peserta didik mampu melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat
dan lancar tentang remaja dan kesehatan.
D.
Nilai yang dikembangkan(PBKB)
- Mandiri
- Berfikir logis
- Kreatif
- Religius
- Kerja keras
- Rasa ingin tahu
- Komunikatif
- Tanggung Jawab
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, peserta didik diharapkan:
1.
Mampu mengidentifikasi makna dan gagasan atau pendapat
secara lisan dan melakukan dialog tentang remaja dan kesehatan dengan lancer dan tepat dengan mandiri dan
berfikir logis.
2.
Mampu melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat
dan lancar tentang remaja dan kesehatan.
F. Materi pembelajaran
اْلكَلاَمُ
(اْلصِحَّةُ وَ اْلعَسْلُ)
تَكَلَّمُ
مَعَ إِخْوَانِكَ كَمَا يَلِي
رُوْدِي
: أَ مَرِيْضُ أَنْتَ؟
سَالِمْ
: نَعَمْ, أَشْعُرُ بِأَلَمٍ شَدِيْدٍ فِي اْلمَعِدَةِ
رُوْدِي
: هَلْ ذَهَبْتَ إِلَى اْلطَّبِيْبِ؟
سَالِمْ
: لاَ, لَمْ أَذْهَبْ إِلَى الطَّبِيْبِ وَ لَمْ أَتنَاوَلْ أَيَّ دَوَاءِ
رُوْدِي
: َهَلْ سَمِعْتَ قِصَّىةَ الصَّحّابِيِّ الَّذِيْ عَالَجَهُ الرَّسُوْلُ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِاْلعَسَلِ, عِنْدَمَا اشْتَكَى مِنْ بَطْنِهِ؟
سَالِمْ
: لاَ, لَمْ أَسْمَعْهَا
رُوْدِي
: َلَقَدْ أَمَرَ الرَّسُوْلُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخَاهُ
اْلمَرِيْضَ أَنْ يَشْرَبَ عَسَلاً. فِيْهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ
سَالِمْ
: وَ هَلْ شُفِيَ؟
رُوْدِي
:َ نَعَمْ, بَعْدَ أَنْ سَقَاهُ أَرْبَعَ مَرَّاتٍ
سَالِمْ
: اْلعَسَلُ؟ سُبْحَانَ اللَّه!
رُوْدِي
: نَعَمْ, اْلعَسَلُ. قَالَ تَعَلَى: فِيْهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ (النَّحْلُ : ٦٩)
سَالِمْ
: سَأَتَنَاوَلُ اْلعَسَلَ مِثْلَ هَذَا الصَّحَابِيِّ
رُوْدِي
: تُوْجدُ مَجَلاَّتٌ كَثِيْرَةٌ لِبَيْعِ اْلعَسَلِ فِي السُّوْقِ اْلمَرْكَزِيِّ
سَالِمْ
: سَأَذْهَبُ اْلآنَ هُنَاكَ, سَأَشْتَرِيْ اْلعَسَلَ
رُوْدِي
: شَفَاكَ الله
أ.
أكْمِلْ مايَأْتِى بِكَلِمَةِ!
۱.
شَعْرٌ سَالِمٌ بِأَلَمٍ ......
۲.
سَالِمٌ لَمْ ...... إِلَى الطَّبِيْبِ وَلَمْ يَتَنَاوَلُ أَيَّ ....
۳. لَقَدْ
أَمَرَ الرَّ سُوْلُ اَلْأَخَ اْلمَرِيْضَ أَنْ ..... عَسَلاً, فِيْهِ .....
لِلنَّاسِ.
٤.
تُوْجَدُ مَجَلاَّتٌ كَثِيْرَةٌ لِبَيْعِ ..... فِي .....
٥.
قَالَ سَالِم : سَأَشْتَرِيْ ......, اَللَّهُمَّ اشْفِيْ بِهِ.
أجِبْ عَنِ الأسْئِلَةِ الآتِيَةِ!
۱. هَلْ سَالِمٌ مَرِيْضٌ؟
۲. هَلْ ذَهَبَ سَالِمٌ إِلَى الطَّبِيْبِ؟
۳. هَلْ فِي اْلعَسَلِ شِفَاءُ لِلنَّاسِ؟
٤. بِمَاذَا يُعَالِجُ الرسُوْلُ الصَّحَابِيِّ اْلمَريْضَ؟
٥. مَاذَا أَمَرَ الرَّسُوْلُ اْلأَخَ الْمَرِيْضَ؟
٦. مَاذَا قَالَ اللهُ تَعَالَى عَنِ اْلعَسَلِ؟
٧. هَلْ سَالِمٌ سَيَتَنَاوَلُ اْلعَسَلَ مِثْلَ
الصَّحَابِيِّ اْلمَرِيْضِ؟
۸. أَيْنَ تُوْجَدُ مَجَلاَّتُ كَثِيْرَةٌ لِبَيْعِ
اْلعَسَلِ؟
٩. مَتَى سَيَشْتَرِي سَالِمٌ اْلعَسَلَ؟
۱۰. مَاذَا قَالَ رُوْدِيْ فِي آخِرِ الْحِوَارِ؟
Jawaban!
۱. شَدِيْدٍ فِي اْلمَعِدَة
۲. يَذْهَبُ - دَوَاءٍ
۳. يَشْرَبَ – شِفَاءٌ
٤. اْلعَسَلِ – السُّوْقِ اْلمَرْكَزِيَّ
٥. اْلعَسَلَ
G. Metode Pembelajaran
Pendekatan (mengamati, mengumpulkan informasi,
eksperimen, mengasosiasi/menalar dan mengkomunikasikan).
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Yang Dikembangkan
|
v
Pendahuluan :
Apersepsi
dan Motivasi :
1.
Guru membuka
pertemuan di kelas dengan mengucap salam
2.
Guru meminta murid untuk berdoa sebelum memulai proses
pembelajaran.
3.
Guru mengecek kehadiran siswa.
4.
Guru
melakukan apersepsi dengan memberi
motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang
akan dilaksanakan dan memberikan penjelasan tentang tujuan belajar dengan
bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
v
Kegiatan inti
a. Eksplorasi
1.
Peserta didik
mendengarkan guru membuka pelajaran dengan membaca teks bahasa Arab tentang اْلصِحَّةُ وَ اْلعَسْلُ
2.
Setelah guru selesai membaca, lalu guru meminta peserta didik melakukan
dialog dengan teman sebangkunya secara bersamaan.
3.
Setelah selesai membaca secara bersamaan guru membagi kelompok secara berpasangan untuk membaca.
4.
Lalu setelah semua kelompok sudah membaca guru menunjuk beberapa pasangan
dari pesera didik untuk membaca secara bersamaan.
b.
Elaborasi
1.
Setelah
dirasa telah bisa membaca secara fasih
seluruh kelas, Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan tentang
makna/akar kata mufrodat yang belum diketahui.
Peserta didik diminta membentuk kelompok untuk melaksanakan
permainan bersama guru dengan menggunakan tekhnik Tahukah Alasannya? )
السَّبَبْ؟ تَعْرِفُ هَلْ )
2.
Setelah strategi selesai guru mengadakan
pembahasan tentang apa yang telah didapat dari strategi sebelumnya.
3.
Peserta didik
dibimbing untuk menyimpulkan hasil dari pembahasan tentang apa yang ada dalam
strategi sebelumnya.
c.
Konfirmasi
1.
Guru
melakukan refleksi dan memvalidasi hasil
paparan siswa
2.
Guru
menyimpulkan kembali pembahasan yang telah disampaikan melalui strategi yang
dilakukan.
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan.
§ Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.
|
15
Menit
1x45
Menit
5
Menit
|
Pemahaman
Konsep
|
I.
Sumber
Belajar dan Media Pembelajaran.
1.
Sumber Belajar
1.
Buku LKS Bahasa Arab Kelas XI MA
2.
Kamus Bahasa Arab
3.
Mufrodat
2.
Media Pembelajaran
1.
Karton
2.
Rekaman
Suara (audio)
J.
Penilaian/Assesment
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
1.
Peserta didik mampu mengidentifikasikan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang remaja dan kesehatan
2.
Peserta didik mampu melakukan dialog sesuai konteks dengan
tepat dan lancar tentang remaja dan kesehatan.
|
Tes tertulis dan Lisan
|
Uraian dan Tanya Jawab
|
1.
Identifikasikan
makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat.
2.
Gunakanah
dialog sesuai konteks dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari!
|
Guru Pamong
Ida Yuliati, S.Pd.I
NIP. 198205052006042041
|
|
B.Lampung, 11 November 2014
Guru PPL Pendidikan Bahasa Arab Kelas XI
IPA 2
Indria Pretty Putri
NPM : 11110200050
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
Drs.
M. Iqbal
NIP.
19630825199003 1 002
nb: Semoga bermanfaat :)